ALVI HADI SUGONDO "HAEMOMETER ALAT KESEHATAN PENGUJI KADAR HAEMOGLOBIN DARAH KITA"




Alvi Hadi Sugondo berkata, Alat kesehatan yang satu ini sangat berguna untuk menentukan kadar haemoglobin dalam darah seseorang. Ternyata, bukan hanya untuk mengukur kadar hemoglobin dalam darah, alat ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengukur Hb, hingga fungsinya cukup komplit.

Alvi Hadi Sugondo menambahkan, Prinsip kerja dari haemometer (haemoglobinometer) ini adalah mengubah hematin asam lalu warna yang terjadi dibandingkan dengan standar warna dalam alat sahli. Karena itu pentingnya memahami warna terhadap pembacaan kualitas haemoglobin tersebut hingga tidak terjadi kesalahan pembacaan ketika menggunakan alat ini. 

Menurut Alvi Hadi Sugondo, Untuk pemeliharaan haemometer ini cukup mudah. Sebelum disimpan atau sesudah digunakan, sebaiknya bersihkan alat ini dengan sikat pembersih. Ini berguna agar alat ini bersih dari sisa zat yang masih melekat. Setelah alat ini bersih, pastikan tabung dalam kondisi bersih dan kering sehingga tidak menimbulkan lumut. 

KESALAHAN SAAT PENGGUNAAN HAEMOMETER 
1) Kemampuan untuk membedakan warna tidak sama. 
2) Sumber cahaya yang kurang baik. 
3) Kelelahan mata. 
4) Alat-alat kurang bersih. 
5) Pemipetan yang kurang akurat. 
6) Warna gelas standart mulai memudar

Sayangnya, alat ini tak bisa dikalibrasi jika kinerjanya sudah makin menurun. Jika pembacaannya sudah tak lagi akurat, sebaiknya ganti dengan alat yang baru, karena alat ini tak bisa diperbaiki.

Penggunaan logbook Log book adalah buku yang berfungsi untuk merekam jejak penggunaan alat. Log book berisi: 
• Nama pengguna 
• Tanggal penggunaan 
• Tujuan penggunaan 
• Kondisi alat (sebelum dan sesudah digunakan) 
• Jenis sampel

Jika anda dokter, sebaiknya miliki alat ini karena sangat penting bagi pasien anda yang ingin mengetahui kadar haemoglobin mereka. Alat ini bisa dipesan di Karya Pratama, distributor terbaik dan paling terpercaya di Indonesia. Salam hidup sehat.  









Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO "HAEMOMETER ALAT KESEHATAN PENGUJI KADAR HAEMOGLOBIN DARAH KITA""