Emergency Kit, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Minimal Satu Keluarga Satu Emergency Kit



emergency kit, emergency kit alvi hadi sugondo, alvi hadi sugondo
Emergency kit untuk semua orang

Alvi Hadi Sugondo berkeyakinan, Emergency Kit kini menjadi alat yang sangat penting, terutama di jaman sekarang ini yang penuh dengan bencana alam. Kita tak akan pernah tahu, kapan bencana datang. Namun dengan memiliki emergency kit, setidaknya kita siap.

Fungsi alat kesehatan ini memang bersifat preventif, namun juga bisa primer kalau berada di daerah bencana alam. Apa misalnya ? Musibah gunung meletus, musibah banjir, gempa bumi, radiasi beracun dan banyak lagi.
Emergency kit sangat cocok digunakan oleh mereka yang suka naik gunung, traveling, tim penyelamat, tim medis, tim relawan dan bahkan untuk keperluan pribadi saja.

"Untuk emergency kit yang komplit, didalamnya banyak sekali peralatan medis, mulai dari tabung oksigen, gunting, stetoskop, masker udara hingga alat pengukur tekanan darah. Semua komplit satu paket" ujar Alvi Hadi Sugondo

Alat kesehatan ini memang lebih cocok untuk tim medis dan semua pihak yang terlibat dalam tim penyelamatan. Walau demikian, tak ada salahnya memiliki emergency kit untuk keperluan keluarga, minimal satu emergency kit satu keluarga.

Mengapa memiliki alat kesehatan ini penting ? Karena kita tak akan pernah tahu kapan bencana alam akan datang, dan kalau pun tidak pernah datang, setidaknya bisa berjaga-jaga, atau bisa membantu orang lain yang memerlukan pertolongan pertama pada kecelakaan. 

Emergency Kit memiliki bermacam jenis, mulai dari perlengkapan sederhana hingga yang komplit. Semua disesuaikan dengan kebutuhan pribadi masing – masing. Namun yang jelas, miliki alat kesehatan ini untuk satu keluarga.
Bagi yang tinggal di pegunungan, alat kesehatan emergency kit wajib hukumnya. Daerah pegunungan rawan bencana alam. Apalagi jika tinggal di daerah gunung berapi, maka tingkat resiko menjadi lebih tinggi lagi.

"Apa misalnya ? Yang jelas, bertempat tinggal di daerah pegunungan memiliki resiko gempa bumi yang lebih besar kemungkinannya dari daerah jauh dari gunung. Musibah bencana alam lain adalah gas beracun, tanah longsong dan ledakan gunung berapi" ujar Alvi Hadi Sugondo

Kesimpulannya, emergency kit merupakan kebutuhan hidup seumur hidup, khususnya untuk satu keluarga. Dengan menyediakan emergency kit di rumah atau di mobil, setidaknya bisa menjadi pertolongan pertama pada kecelakaan. Dan ini mengurangi angka kematian, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Emergency Kit, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Minimal Satu Keluarga Satu Emergency Kit "

Unknown mengatakan...

Emergency Kit itu seperti ban cadangan saat mengendarai mobil atau motor. Ketika musibah datang, kita sudah punya persiapan, hingga mengurangi resiko yang datang. Ada komentar ?